Start your business today!

Inilah Hak Karyawan Magang yang Wajib Dipenuhi oleh Perusahaan!

Hak Karyawan Magang

Untuk mendapatkan karyawan tetap dengan biaya operasional minimum, perusahaan biasanya mengadakan program magang. Program ini ditujukan untuk pelajar/mahasiswa yang sedang duduk di akhir masa perkuliahannya. Walaupun dengan biaya operasional minimum, perusahaan harus tetap memperhatikan hak karyawan magang dalam pelaksanaannya.

Dasar Hukum Karyawan Magang

Aturan magang Indonesia terdapat dalam UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, Pasal 21 hingga 29. Pasal-pasal ini tidak diubah atau dicabut oleh Omnibus Law UU Cipta Kerja, sehingga masih tetap berlaku. Selain UU, aturan karyawan magang juga ditetapkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 36 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Perjanjian Magang

Meski hanya merupakan bagian dari latihan kerja, hubungan kerja antara peserta magang internship dengan pengusaha wajib dibuat dalam bentuk perjanjian magang. Ketentuan ini ditegaskan dalam Pasal 22 UU Ketenagakerjaan:

  1. Pemagangan dilaksanakan atas dasar perjanjian pemagangan antara peserta dengan pengusaha yang dibuat secara tertulis.
  2. Perjanjian pemagangan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) sekurang-kurangnya memuat hak dan kewajiban peserta dan pengusaha serta jangka waktu pemagangan.
  3. Pemagangan yang diselenggarakan tidak melalui perjanjian pemagangan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dianggap tidak sah dan status peserta berubah menjadi pekerja/buruh perusahaan yang bersangkutan.

Pada dasarnya, perjanjian magang tidak jauh beda dengan perjanjian kerja atau kontrak kerja. Menurut Peraturan Menteri di atas, perjanjian magang setidaknya memuat 4 hal, yaitu hak dan kewajiban peserta pemagangan, hak dan kewajiban penyelenggara pemagangan, program pemagangan, dan besaran uang saku.

Perjanjian pemagangan harus diketahui dan disahkan oleh Dinas Ketenagakerjaan kabupaten/kota setempat. Apabila dalam 3 hari kerja, pengesahan oleh dinas belum selesai, maka perjanjian magang dapat dilaksanakan.

Program Magang bagi Perusahaan

Perusahaan yang mengadakan program magang, tentu mendapatkan beberapa keuntungan bagi perkembangan perusahaan, seperti:

  • Hadirnya Perspektif Baru

Sering kali perusahaan membutuhkan perspektif baru untuk mengembangkan project yang sedang berjalan. Melalui program magang yang pada umumnya diisi oleh generasi muda, perusahaan secara otomatis akan mendapat beragam ide segar dan perspektif baru. Hal ini tentu memudahkan proses pengerjaan project karena mengikuti trend masyarakat dan pergerakan zaman.

  • Sarana Bertukar Pengetahuan

Baik karyawan tetap maupun karyawan magang, keduanya mempunyai pengetahuan dalam bidangnya masing-masing. Dengan program magang, karyawan tetap memiliki kesempatan untuk membagikan teori dan praktik seputar dunia kerja kepada karyawan magang. Begitu juga sebaliknya, karyawan magang dapat bertukar pengetahuan, baik dari bangku perkuliahan atau pengalaman berorganisasi sebelumnya.

  • Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Melalui program ini, perusahaan dapat memberikan kepercayaan kepada karyawan magang untuk menyelesaikan project yang mereka dapatkan. Kehadiran karyawan magang tentu sangat berpengaruh pada produktivitas perusahaan. Namun, jangan lupa untuk membimbing karyawan magang saat menyelesaikan tugasnya, ya!

  • Mencari Kandidat Berkualitas

Bagi perusahaan, program magang bisa diartikan sebagai masa percobaan (probation), namun dengan waktu yang cukup lama, yaitu 3-6 bulan. Jika karyawan magang memiliki etos kerja dan kriteria yang sesuai, perusahaan tidak akan ragu untuk meng-hire karyawan magang menjadi karyawan tetap.

  • Branding Perusahaan

Secara tidak langsung, perusahaan akan mendapat branding dari karyawan magang. Hal tersebut dikarenakan, sebagian besar karyawan magang akan menceritakan pengalaman magang di perusahaan bersangkutan kepada keluarga dan teman-temannya. 

Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus memperhatikan hak dan kewajiban karyawan magang sebelum mengadakan program magang dengan mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Hak Karyawan Magang

Karyawan magang memiliki beberapa hak seperti berikut:

  1. Memperoleh bimbingan selama program magang;
  2. Memperoleh pemenuhan hak sesuai dengan perjanjian;
  3. Memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja;
  4. Memperoleh uang saku (meliputi biaya transportasi, uang makan, dan insentif);
  5. Diikutsertakan dalam program jaminan sosial;
  6. Memperoleh sertifikat atau surat keterangan telah mengikuti program magang.

Kewajiban Karyawan Magang

Selain pemenuhan hak, karyawan magang memiliki kewajiban sebagai berikut:

  1. Menaati perjanjian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan magang);
  2. Mengikuti program magang hingga selesai;
  3. Menaati tata tertib yang berlaku;
  4. Menjaga nama baik perusahaan.

Setelah melihat hak dan kewajiban karyawan magang, perusahaan juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi dalam program magang.

Hak Perusahaan dalam Program Magang

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2020 Pasal 15, hak perusahaan dalam program magang adalah:

  1. Memanfaatkan hasil kerja karyawan magang; dan
  2. Memberlakukan tata tertib dan perjanjian program magang

Kewajiban Perusahaan yang Harus Dilaksanakan

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2020 Pasal 16, kewajiban perusahaan dalam program magang adalah sebagai berikut:

  1. Membimbing karyawan magang sesuai dengan program pemagangan;
  2. Memenuhi hak karyawan magang sesuai dengan perjanjian antara kedua belah pihak;
  3. Menyediakan alat pelindung diri sesuai dengan persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja;
  4. Memberikan uang saku kepada karyawan magang;
  5. Mengikutsertakan karyawan magang dalam jaminan sosial;
  6. Memberikan evaluasi terhadap karyawan magang; dan
  7. Memberikan sertifikat atau surat keterangan telah mengikuti program magang kepada karyawan magang.

Setelah mengetahui apa saja hak karyawan magang yang harus dipenuhi perusahaan, jika Anda ingin membuat dokumen ketenagakerjaan yang sah, Legistra siap membantu Anda! Tunggu Apalagi? Segera hubungi Legistra!

Share the Post:

Related Posts

WhatsApp chat